Kamis, 18 Oktober 2012

sintesis flavonoid

Flavonoid adalah senyawa yang terdiri dari dari 15 atom karbon yang umumnya tersebar di dunia tumbuhan. Lebih dari 2000 flavonoid yang berasal dari tumbuhan telah diidentifikasi, namun ada tiga kelompok yang umum dipelajari, yaitu antosianin, flavonol, dan flavon. Antosianin (dari bahasa Yunani anthos , bunga dan kyanos, biru-tua) adalah pigmen berwarna yang umumnya terdapat di bunga berwarna merah, ungu, dan biru . Pigmen ini juga terdapat di berbagai bagian tumbuhan lain misalnya, buah tertentu, batang, daun dan bahkan akar. Flavonoid sering terdapat di sel epidermis. Sebagian besar flavonoid terhimpun di vakuolasel tumbuhan walaupun tempat sintesisnya ada di luar vakuola.
Flavonol dan flavon disintesis dalam jaringan tanaman dari cabang dari jalur fenilpropanoid . Para aglikon flavonol utama yang  diproduksi adalah quercetin, myricetin, kaempferol dan isorhamnetin, sementara sejumlah lebih terbatas buah-buahan dan sayuran mengandung flavon struktural terkait, apigenin dan luteolin. Dalam jaringan tanaman, flavonol dan flavon ditemukan konjugasi gula, terutama glukosa, rhamnosa dan rutinose (Herrmann, 1988). 
gambar berikut merupakan jalur sintesis dari beberapa senyawa flavonoid
 http://www.scielo.cl/scielo.php?pid=s0716-97602000000200007&script=sci_arttext

2 komentar:

  1. gambar diatas menujukkan proses sintesis beberapa senyawa flavonoid, dari proses diatas ada yang tidak saya mengerti yaitu pada proses terjadinya siklik dari senyawa 2',4',6',2-tetrahidroksychalcone menjadi Naringenin(flavonone)???

    BalasHapus
  2. menurut saya adanya enzim CHI (enzim kalkon isomerase) menyebabkan terganggunya ikatan rangkap yang berdekatan dengan gugus keton, sehingga ikatan rangkap lepas dan terbentuk lah siklik flavonone.

    BalasHapus